BeritaSumsel

Tips dan Trik Lolos Program Kampus Mengajar

×

Tips dan Trik Lolos Program Kampus Mengajar

Sebarkan artikel ini

SIJABERITA, OKUTIMUR – Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim membuat berbagai program merdeka belajar kampus merdeka, yang salah satu dari 9 program lainnya adalah kampus mengajar. Melalui program kementrian pendidikan riset dan teknologi atau disingkat kemendikbudristek ini telah memberikan kesempatan bagi anak muda generasi bangsa yang ingin melakukan sebuah pengabdian di sekolah seperti SD, SMP, atau bahkan SMK.

Kabar gembiranya semua mahasiswa yang duduk dibangku perkuliahan mulai dari semester 4 dan berasal dari prodi apa pun itu bisa berkesempatan untuk lolos program kampus mengajar. Jadi menurut saya pribadi kita sebagai mahasiswa perlu berani menjajal program pemerintah satu ini, karena sangat banyak sekali manfaat yang nanti bisa kita dapatkan.

 

Menjadi mahasiswa yang terpilih pada program merdeka belajar kampus merdeka atau disingkat MBKM adalah keuntungan emas bagi saya sendiri.

Sebab MBKM selalu memberikan manfaat kepada mahasiswa yaitu sebuah kesempatan, relasi, dan ilmu baru yang didapatkan diluar bangku perkuliahan.

Tujuan diadakanya kampus mengajar salah satunya menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi. Program kampus mengajar juga membuka peluang disetiap semesternya dengan mengusung sebuah selogan “Belajar sambil berdampak”.

Kampus mengajar juga mengeluarkan sertifikat setelah mahasiswa menyelesaikan program penugasan selama 4 bulan. Selain sertifikat, tim kampus mengajar juga memberikan konversi mata kuliah sebanyak 20 sks beserta bantuan biaya hidup mahasiswa. Keuntungan-keuntungan tersebut menjadi dasar para mahasiswa memiliki keinginan lolos program kampus mengajar.

Dibalik banyaknya mahasiswa pendaftar namun tak sedikit dari mahasiswa bisa lolos program kampus mengajar yang diadakan tiap semesternya, sebab setiap semester program ini selalu meningkat jumlah pendaftar mahasiswa diseluruh Indonesia dan soal dalam ujian subtansi juga semakin beda angkatan semakin menantang.

Namun tidak perlu khawatir karena jika kita bersungguh-sungguh dalam usaha in sya Allah semuanya akan dimudahkan.