BeritaSumsel

Budaya Literasi Numerasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SD Negeri 01 Gumawang

×

Budaya Literasi Numerasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SD Negeri 01 Gumawang

Sebarkan artikel ini

 

SIJABERITA, OKUTIMUR – Program Kampus Mengajar merupakan program yang dibentuk oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam rangka memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus.

Sehingga mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi diri, melatih jiwa kepemimpinan, dan mengembangkan soft skill yang sangat diperlukan untuk terjun dalam dunia kerja nanti.

Program ini bertujuan untuk membantu sekolah-sekolah dalam meningkatkan numerasi dan literasi.

“Saya sebagai mahasiswa yang bergabung dalam Kampus mengajar angkatan 7, dan bertempatan di SD Negeri 01 Gumawang akan menceritakan mengenai Budaya Literasi Numerasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik,” terang Ngatini Mahasiswi STKIP Muhammadiyah OKU Timur jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sebelum saya merealisasikan program kerja ini saya mengobservasi terlebih dahulu lingkungan sekolah dan peserta didik nya. Setelah saya melakukan observasi selama kurang lebih 1 Minggu, saya rasa saya sudah siap untuk melaksanakan program kerja ini.

Tentunya program kerja ini sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan izin dari pihak sekolah. Program kerja ini tidak semata-mata saya mengerjakan sendiri, melainkan kolaborasi antara mahasiswa kampus mengajar angkatan 7 dan seluruh guru SD Negeri 01 Gumawang.

Program kerja pertama saya untuk menanamkan Budaya Literasi Numerasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik ialah membaca nyaring.

Membaca nyaring disini saya mengimplementasikan dengan aktivitas sederhana, dimana peserta didik menyisihkan sedikit waktunya untuk membacakan cerita kepada teman sebangkunya yang berdampak membuat peserta didik biasa mendengar, mau membaca, dan akhirnya bisa membaca.