BeritaSumsel

Budaya Literasi Numerasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SD Negeri 01 Gumawang

×

Budaya Literasi Numerasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SD Negeri 01 Gumawang

Sebarkan artikel ini

Kegiatan membaca nyaring ini dilaksanakan 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

Program kerja ke dua saya untuk menanamkan Budaya Literasi Numerasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik ialah pembuatan poster.

Dimana poster memuat informasi mengenai anti bullying, peduli lingkungan, dan berbagai kata-kata yang mengandung hal positif untuk peserta didik. Poster ini saya pasang di depan kelas, yang mana mereka bisa membaca poster itu setiap kali melihatnya.

Program kerja ke tiga saya untuk menanamkan Budaya Literasi Numerasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik ialah pembuatan Mading.

Disini saya membuat 2 Mading yaitu, 1 Mading corner dan 1 Mading literasi numerasi. Mading corner saya buat semenarik mungkin dan memuat beberapa provinsi juga rumah adat beserta baju adatnya.

Sedangkan Mading literasi numerasi memuat berbagai informasi tentang pendidikan literasi seperti nama pahlawan dan yang diperjuangkannya, serta rumus matematika yang memuat bangun datar.

Dengan Mading ini saya percaya bahwa peserta didik akan sangat semangat dalam membaca informasi ini, dan tanpa mereka sadari mereka telah belajar tentang pendidikan yang dimuat pada Mading ini.

Program kerja ke empat saya untuk menanamkan Budaya Literasi Numerasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik ialah menghias tangga numerasi.

Dimana tangga kelas saya hias dengan menggunakan stiker rumus bangun datar, satuan panjang, bahkan waktu.