BeritaSumsel

Pengalaman Pribadi Mengikuti Program Kampus Mengajar 7

×

Pengalaman Pribadi Mengikuti Program Kampus Mengajar 7

Sebarkan artikel ini

Sebelum memulai penugasan di sekolah yang telah ditentukan, para mahasiswa kampus mengajar mengikuti pembekalan selama 1 bulan. Selain pembekalan terdapat presensi dan tes berupa pre-test dan post-test yang harus diikuti selama pembekalan.

 

Penugasan di sekolah tersebut dimulai pada tanggal 26 Februari hingga 16 Juni 2024. Selama ditugaskan di sekolah tersebut, saya memiliki 4 anggota kelompok yang telah ditentukan. Ada anggota kelompok dari universitas lain yang mengikuti program ini dan ditempatkan di sekolah yang sama.

 

Selama penugasan, saya dan anggota kelompok yang lain akan mengikuti program Kampus Mengajar di sekolah SD Negeri Gedung Rejo selama 4 bulan. Gedung Rejo merupakan wilayah yang belum pernah saya lewati dan saya singgahi. Daerah tersebut merupakan wilayah yang baru bagi saya.

 

Kami melakukan observasi sebagai langkah awal penugasan di SD Negeri Gedung Rejo. Sekolah ini memiliki lingkungan sekolah yang mantap, sarana dan prasarana yang memadai, kompetensi yang memadai dari para tenaga pendidik, dan teknologi yang mencukupi.

 

Saya dan rekan-rekan dari program Kampus Mengajar membawa misi untuk membuat perubahan-perubahan kecil yang semoga saja dapat berdampak besar bagi sekolah tersebut, perubahan kecil yang dimaksud yakni kemampuan literasi dan numerasi peserta didik.

 

Karena setelah mengetahui kondisi ketika observasi di sekolah tempat penugasan, saya bertanggung jawab untuk turut andil dalam peningkatan kompetensi literasi dan numerasi di SD Negeri Gedung Rejo.

 

Selama bertugas disana, saya merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada kepala sekolah pada awal penugasan yang sudah menyambut baik kedatangan kami mahasiswa dari program Kampus Mengajar dan memberi kami sebuah ruangan yang nyaman, walaupun pertama kali bertemu saya merasa takut dengan kepala sekolah, saya juga mendapat kedua guru pamong yang berdedikasi tinggi dan menjadi panutan saya selama penugasan.

 

Bahkan pihak sekolah memberikan dukungan penuh dan sangat berusaha dalam membantu kami dalam menjalankan program kerja dan kegiatan yang diterapkan di sekolah tersebut.

 

Selama penugasan, saya harus bangun lebih awal dan berangkat pagi hari serta menempuh perjalanan kurang lebih selama 15 menit menuju sekolah penugasan. Tentu saja saya pernah merasakan kejenuhan karena selalu berangkat pagi.

 

Akan tetapi, saat saya baru sampai di sekolah lalu melihat antusiasme para siswa yang ada di SD Negeri Gedung Rejo. Seperti menyambut gembira kedatangan kami dan mencium tangan kami hal itu membuat saya merasa dihargai, sangat tersentuh dan merasa senang karena saya dianggap ada oleh para peserta didik.