Berita

Kajian Insan Dignitate HMI Cabang OKU Timur dalam Menyongsong Pilkada 2024

×

Kajian Insan Dignitate HMI Cabang OKU Timur dalam Menyongsong Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini

Sekarang ini pemda tidak bisa lagi bergantung pada pemerintah pusat. Pemda harus mandiri dan bertanggung jawab kepada rakyatnya dengan mengatasi kemiskinan dan pengangguran di daerahnya.

 

Dan panelis ke dua adalah Arianto beliau adalah ketua Panwas Belitang Jaya dengan membawa materi tentang Tahapan PILKADA 2024.

 

Dengan pengawasan partisipatif yang ketat maka kecurangan dalam pemilihan seperti money politic, manipulasi suara dan intimidasi pemilih dapat diminimalisir.

 

Serta memastikan proses pemilihan yang jujur dan adil. Arianto menginformasikan ada empat jenis pelanggaran pemilu antara lain pelanggaran administratif, pelanggaran pidana pemilu, Pelanggaran Kode Etik.

 

Serta pelanggaran perundang-undangan lainnya seperti netralitas aparatur sipil negara dan perangkat kalurahan maupun penyebaran berita hoaks dan ujaran kebenciannya.

 

Lanjut panelis ke tiga adalah dari kalangan Aktivis Mulyono beliau adalah wabendum PB HmI peride 2024-2026, Pada saat momentum pilkada dan arus demokrasi yang cenderung liberal ini.