BeritaSumsel

Kolaborasi Kreatif Kampus Mengajar 7 di SDN 01 Harjomulyo: Tantangan dan Keseruan

×

Kolaborasi Kreatif Kampus Mengajar 7 di SDN 01 Harjomulyo: Tantangan dan Keseruan

Sebarkan artikel ini

Setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, kami mengajak siswa untuk membaca 15 menit, yang mana dalam kegiatan ini siswa tidak hanya kami dampingi membaca tetapi juga menceritakan dan mengekspresikan kembali tentang buku yang sedang dibaca.

Kami juga mengadakan kegiatan jumat bersih setiap jumat bersama siswa dan guru, membuat mading sekolah sebagai media bagi siswa untuk menyalurkan ide dan kreatifitas mereka, juga pembuatan pojok baca di kelas.

Selama menjalankan program ini, kami juga menghadapi beberapa tantangan. Salah satu tantangan terbesar adalah membiasakan para siswa dengan program dan kegiatan baru.

Mengubah kebiasaan lama membutuhkan waktu dan kesabaran. Kami harus terus mendisiplinkan siswa agar mereka terbiasa dengan rutinitas baru, seperti membaca 15 menit setiap pagi dan menjaga kebersihan lingkugan melalui program jumat bersih.

Merawat program-program ini agar tetap berjalan juga menjadi tantangan tersendiri. Kami harus memastikan bahwa taman sehat dan tong sampah kratif selalu terawat, perpustakaan terus aktif digunakan, dan mading selalu terisi dengan konten yang menarik. Butuh komitmen dari semua pihak, termasuk siswa, guru dan kami sendiri sebagai penggagas program.

Banyak suka duka yang kami alami selama berinteraksi dengan anak-anak di SDN 01 Harjomulyo. Tantangan mengajar di tengah keterbatasan fasilitas dan kondisi yang ada menjadi pelajara berharga bagi kami.

Anak-anak di sini penuh semangat dan antusias, melihat senyum dan kebahagiaan mereka setiap hari adalah kebahagiaan tersendiri bagi kami.