BeritaSumsel

Perayaan Hari Pendidikan dengan Kemah Literasi Numerasi SD Negeri Margodadi

×

Perayaan Hari Pendidikan dengan Kemah Literasi Numerasi SD Negeri Margodadi

Sebarkan artikel ini

Meskipun akses jalan menuju sekolah cukup baik, namun jarang sekali kendaran berlalu lalang di dekat sekolah. Selain itu sekolah ini sering dikira sekolah yang terletak di daerah Semendawai Suku III, karna namanya yang sama dengan nama desa yang ada disana.

 

Di SD Negeri Margodadi kegiatan Kemah ini dilakukan pada tanggal 25-26 Mei 2024. Kami Mahasiswa kampus mengajar 7 berkolaborasi dengan Guru, Pembina pramuka. Mahasiswa kampus mengajar 7 dari sekolah SD N Tanah Merah dan Kakak-kakak pramuka dari SMK Negeri BMR dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

 

Kegiatan ini diikuti oleh siswa/i kelas tinggi SD Negeri Margodadi yang berjumlah 42 orang, terdiri dari 24 putra dan 18 putri. Siswa putra dibagi menjadi tiga regu dengan nama hewan yaitu regu naga hitam, king kobra, dan harimau. Siswa putri dibagi menjadi dua regu dengan nama bunga yaitu regu asoka dan regu sakura.

 

Dalam kegiatan ini kami mengadakan tiga lomba yaitu lomba memasak, lomba pentas seni dan lomba jejak literasi numerasi. Kegiatan dimulai pada hari Sabtu 25 Mei 2024 dengan apel pembukaan, dilanjutkan dengan persiapan tenda dan api unggun. Pada pukul 14.00 dimulailah kegiatan lomba memasak antar regu.

 

Dalam kegiatan ini siswa/i sangat antusias mengikutinya mereka membagi tugas dalam mengerjakan suatu hal. Masakan yang mereka masak pun beragam seperti pempek sutra, tekwan, papeda, candil, dan lain sebagainya. Setelah selesai memasak dan penilaian oleh juri, siswa/i diminta untuk bersih-bersih dan beristirahat.

 

Malamnya siswa/i diminta berkumpul di lapangan untuk bersama-sama melakukan apel api unggun dan kegiatan lomba pentas seni. Pada kegiatan apel api unggun seluruh prosesnya berjalan dengan baik, dan lancar meskipun ada sedikit kekhawatiran api tidak akan menyala pada awalnya. Setelah api unggun menyala kegiatan selanjutnya adalah lomba pentas seni.

 

Pada kegiatan ini siswa/siswi diminta menampilkan bakat-bakatnya dan setiap regu harus mengirimkan perwakilan. Penampilan dimulai dari regu naga hitam yang mengirim perwakilannya untuk menyanyi, kemudian regu asoka dan sakura bergantian menampilkan tarian dan dancenya.